Peringati HKAN 2024, Aksi Iklim lewat Tanam Pohon di Tahura Sultan Syarif Hasyim, Riau : Belantara Foundation Ajak Mitra Sektor Swasta Jepang Vanfu Berpartisipasi

Uritanet, Riau –

Mitra sektor swasta Jepang, yaitu Vanfu melakukan penanaman bibit pohon secara simbolis di kawasan Tahura SSH. Provinsi Riau (21/8). Penanaman simbolis yang didukung oleh APP Japan Ltd – APP Group ini, secara khusus diselenggarakan dalam rangka menyemarakkan Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) yang diperingati pada 10 Agustus setiap tahunnya.

Seperti diketahui, Belantara Foundation bekerja sama dengan Kesatuan Pengelola Hutan Produksi (KPHP) Minas Tahura dan Kelompok Tani Hutan Sultan Syarif Hasyim (KTH SSH) serta pemangku kepentingan setempat mengajak sektor swasta Jepang tersebut menanam jenis bibit pohon yang digunakan seperti Balangeran (Shorea balangeran). Jenis dalam kategori pohon langka yang perlu dilestarikan.

Direktur Eksekutif Belantara Foundation, Dr. Dolly Priatna mengatakan bahwa saat ini dunia sedang menghadapi knsis lingkungan yang dikenal sebagai triple planetary crisis, yang meliputi perubahan iklim. polusi dan ancaman kehilangan keanekaragaman hayati. Sudah banyak studi membuktikan bahwa perubahan iklim menjadi salah satu penyebab kehilangan keanekaragaman hayati global.

Oleh karenanya mitigasi dan adaptasi terhadap perubahan Iklm perlu diselaraskan dengan aksi aksi lain untuk mencegah polusi dan hilangnya keanekaragaman hayati. Salah satu aksi kecil namun berdampak besar adalah menanam dan merawat pohon, karena dapat membantu mengatasi Triple Planetary Crisis secara paralel, lanjutnya lagi.

Baca Juga :  Demi NKRI Prajurit Kopasgat Rayakan Idul Fitri di Tempat Tugas

Share Article :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *