Hipertensi Banyak Ditemui Pada Lansia di Indonesia, Optimalkan Kesejahteraan Lansia, Tingkatkan Kapasitas Kader Untuk Masa Depan Bangsa Lebih Sehat

Dr.Etty Rekawati S.Kp., MKM, selaku Dosen Departemen Keperawatan Komunitas FIK UI, menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat penting untuk memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan kepada kader posyandu lansia agar mereka dapat mendeteksi dan menangani hipertensi pada lansia dengan lebih baik. Dengan demikian, kualitas hidup lansia dapat meningkat dan mereka bisa menikmati masa lansia dengan sejahtera.

Dr. Etty Rekawati, S.Kp., MKM, bersama dengan mahasiswa Ners Spesialis Keperawatan Komunitas FIK UI selanjutnya memberikan materi edukatif dan praktis mengenai hipertensi. Kader kesehatan yang hadir mendapatkan pelatihan intensif untuk meningkatkan kapasitas mereka dalam mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya pengendalian tekanan darah dan pola hidup sehat. Para kader posyandu lansia dibekali dengan pengetahuan mendalam tentang penyebab, gejala, serta penanganan dan pencegahan hipertensi pada lansia. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan kader dalam memberikan pelayanan kesehatan yang optimal bagi para lansia di wilayah mereka.

Para mahasiswa Ners Spesialis Keperawatan Komunitas juga mendapatkan pengalaman berharga dalam menerapkan ilmu yang telah mereka pelajari di bangku kuliah ke dalam praktik secara nyata di lapangan. Ini juga menjadi salah satu upaya FIK UI dalam mencetak tenaga kesehatan yang handal dan siap berkontribusi bagi masyarakat.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini sejalan dengan Visi FIK UI, yaitu menjadi pusat pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) keperawatan yang adaptif, peka budaya, dan berdaya saing, serta berkontribusi bagi pembangunan kesehatan masyarakat Indonesia dan dunia pada tahun 2035. Salah satu misinya adalah mengembangkan IPTEK melalui kegiatan riset dan pengabdian masyarakat yang bermutu dan relevan dengan pelayanan kesehatan yang dinamis.

Baca Juga :  Selamat Datang Jamaah Haji Indonesia, Allhuma Labaik, Labbaik Laa Syarika Laka Labbaik

Share Article :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *