Handy, SH dari Law Office Handy, SH dan Rekan : Ingatkan Masyarakat Akan Asas Equality Before The Law

Dan terakhir, tertuang dalam UU HAM. Pasal 3 ayat (2) UU HAM menerangkan bahwa setiap orang berhak atas pengakuan, jaminan, perlindungan dan perlakuan hukum yang adil serta mendapat kepastian hukum dan perlakuan yang sama di depan hukum.

Juga, Pasal 5 ayat (1) UU HAM menambahkan bahwa setiap orang diakui sebagai manusia pribadi yang berhak menuntut dan memperoleh perlakuan serta perlindungan yang sama sesuai dengan martabat kemanusiaannya di depan hukum.

Baca Juga :  Kuasa Hukum PT. Adem Ayem Sejahtera, Effendi Simanjuntak, SH, MH : Kami Minta RS PKU Muhamadiyah Wonogiri Dapat Merespon Secara Positif

Bahkan jauh sebelum diterapkan dalam konstitusi negara, konsep equality before the law sudah memiliki sejarah yang panjang seperti dalam kitab-kitab keagamaan. Tepatnya pada Perjanjian Lama, m di Kitab Bilangan Bab 15 ayat 15 dan 16 diterangkan bahwa manusia sama di hadapan Tuhan.

Kemudian, dalam Al Qur’an surah Al-Hujurat ayat 13 juga diterangkan konsep egalitarian, yakni persamaan antara sesama manusia, baik dari jenis kelamin, bangsa, suku, dan keturunannya.

Share Article :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *