Kontribusi Positif Usia 50 Tahun ke Atas: Kunci Hidup Bermakna

“Orang yang berhasil memberikan kontribusi positif di usia ini akan merasa hidupnya lebih berguna dan bermakna,” ujar Teresa Ratih.

Misalnya, menjadi relawan atau mengajar orang lain dalam komunitas dapat memberikan rasa kepuasan tersendiri. Sebaliknya,  jika seseorang tidak mampu mencapai hal ini, mereka cenderung merasa hidupnya stagnan dan kurang berarti.

“Keterlibatan dalam komunitas menjadi salah satu cara efektif untuk mencapai generativitas. Terlibat dalam komunitas, baik itu di tempat kerja bagi yang masih bekerja atau di lingkungan sekitar bagi yang sudah pensiun, sangat penting. Hal ini bisa dilakukan dengan cara mengajarkan keterampilan kepada orang lain atau berpartisipasi dalam kegiatan sosial,” tambah Teresa Ratih.

Tidak hanya dari sisi psikososial, dampak positif keterlibatan aktif juga berpengaruh pada kesehatan fisiologis. Aktivitas yang melibatkan otak dan keterampilan dapat membantu mempertahankan daya pikir dan mencegah penurunan kognitif. Ketika seseorang merasa hidupnya bermakna dan terus mengasah keterampilan, mereka cenderung lebih sehat secara mental dan fisik.

Baca Juga :  Hmmmm Harumnya Robusta  dan Nikmatnya Kopi Asli Sidapur, Kanartaka India ‘Purple Coffee Jadi Ikon’ Pais Coffee Indo-Ausie

Share Article :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *