Dian Istiqomah, S.Kep, Anggota Komisi IX DPR RI : Selama Pola Pikir Belum Berubah Stunting Terus Ada Sepanjang Masa

dr.Tuty Sahara, MSi, selaku Ahli Madya BKKBN mengingatkan bahwa pesan bapak Presiden kita harus menurunkan Stunting 2024 ini hingga 14 persen. Namun berdasarkan survey kita masih berada di 22.5 persen. Masih cukup jauh targetnya.

“Jadi mengapa Stunting ini penting. Karena kesehatan reproduksi akan mempengaruhi dua generasi selanjutnya. Jadi ibu harus makan makanan bergizi yang seimbang. seperti sayur, buah, lauk, karbohidrat,” jelas Tuty Sahara.

Baca Juga :  FKTK NSI Adukan Nasib Paska Diihapus Tugas Khusus Tenaga Kesehatan Nusantara Sehat

Selain itu, jangan lupa untuk periksakan kehamilannya secara rutin dan berkala. Ingatkan pula pola menyusui eksklusif 6 bulan, termasuk setelah melahirkan pentingnya inisiasi cara menyusuinya.

Perlunya untuk pencegahan penyakit infeksi dan menghindari 4 Terlalu yakni Terlalu Muda, Terlalu Tua, Terlalu Dekat dan Terlalu Sering. Disamping juga deteksi dini kanker rahim.

Disisi lain, asupan anak anak juga sama pentingnya. Khususnya usia dua bulan ke bawah yakni harus diberikan asupan protein yang berasal dari hewani. Jangan anak anak diberikan makanan asal kenyang saja yaa Bu.

Share Article :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *