Festival Sanggul Nusantara 2023 Roadshow Hadirkan 15 Sanggul Nusantara

Share Article :

Uritanet, Jakarta –

Galeri Indonesia Kaya menyelenggarakan event Festival Sanggul Nusantara 2023 #Jakarta. Sore itu tampak milenial dan generasi Z hadir memenuhi undangan mewakili sekolah, kampus dan sanggar seni. Dalam
Roadshow Festival Sanggul Nusantara 2023 menghadirkan 15 Sanggul Nusantara.

Festival Sanggul Nusantara adalah program kegiatan tahunan yang diinisiasi oleh Perkumpulan Pencinta Sanggul Nusantara, komunitas perempuan pegiat pelestarian sanggul yang berbasis di Jakarta – Bogor – Depok – Tangerang – Bekasi dan saat ini memiliki cabang di Bandung, Semarang, Yogyakarta, Solo, Surabaya, Bali dan Flores.

Tahun 2023 menjadi tahun pertama penyelenggaraan kegiatan dan akan menjadi agenda kegiatan setiap tahun. Dalam acara tersebut ditampilkan 15 sanggul nusantara yang cantik, unik dan menarik.

Diantaranya Sanggul Cepol Betawi, Sanggul Ciwidey Sunda, Ukel Tekuk Yogyakarta, Ukel Konde Solo, Simpolong Tatong Sulawesi Selatan, Sanggul Pinkan Menado, Pusung Gonjer dan Tengkuluk Lelunakan Bali, serta Legen Alan Sikka NTT.

Baca Juga :  Monomega Nina Nugroho #lahirkembali #berdayadalamkemenangan

H.Imbong Hasbullah selaku Sekretaris Jenderal Lembaga Kebudayaan Betawi menyampaikan bahwa Jakarta merupakan melting point karea keragaman masyarakat dan budaya dari berbagi daerah. Mengajak masyarakat untuk terus bersinergi dan berinteraksi mengenal keragaman budaya merupakan langkah yang harus terus dipertahankan.

Selain penampilan sanggul, festival menghadirkan pula Dialog Budaya dengan nara sumber Mariska Nareswari None Jakarta Barat. Dan Non Chika demikian sapaan akrab sang None Jakarta Barat, menjelaskan seputar pemakaian kebaya encim dan kain Betawi, juga dilakukan tutorial make up gaya None Jakarta dan tutorial sanggul Cepol Betawi yang mudah dan cepat bersama 2 None Jakarta Barat lainnya Sherly Amanda Aprilia Putri dan Diana Dogboyou.

Baca Juga :  Membenahi Pantai Selatan

Keseruan tutorial Sanggul Cepol bertambah, saat peserta minta disanggul oleh Non Sherly dan Non Diana.

Sementara Ninoek W Sunaryo Ketua Umum Perkumpulan Pencinta Sanggul Nusantara mengatakan bahwa Festival Sanggul Nusantara 2023 Roadshow merupakan event lanjutan dari event yang telah diselenggarakan di Sarinah Thamrin Jakarta (11/3) lalu. Dan Roadshow telah diselenggarakan di 5 Kota seperti Solo, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Bandung dan Jakarta, dengan tujuan semakin mengenalkan sanggul-sanggul nusantara di berbagai kota di Indonesia sekaligus mengangkat tradisi dan kearifan lokal.

Ninoek menambahkan bahwa dalam kegiatan ini, melibatkan kawula muda perempuan usia milenial dan generasi Z untuk ikut berpartisipasi melestarikan sanggul – sanggul nusantara yang dalam survei singkat ternyata menyatakan sangat mendukung upaya pelestarian sanggul nusantara ini.

)*** benksu

Share Article :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *