Layanan Imunoterapi Sel Dendritik RSU Royal Prima, Edy Rahmayadi Uji Coba Teknologi dr. Terawan

“Berapa banyak flight ke Penang, Singapore, Kuala Lumpur dan mayoritas untuk berobat, berapa uang yang pergi ke sana per tahunnya, mencapai Rp40 triliun, kalau layanan kita bagus, uang tersebut akan berputar di sini,” kata Edy Rahmayadi.

Menurut keterangan Terawan, sel dendritik merupakan leukosit dari sumsum tulang belakang dan merupakan jenis sel pembawa antigen terkuat. Sel inilah yang bertanggung jawab atas respons kekebalan tubuh yang menjadi penjaga sistem kekebalan tubuh manusia.

Baca Juga :  Institut Kesehatan Hermina Menuju Pusat Pendidikan Kesehatan dan Pengembangan IPTEK Unggul Berkarakter di Bidang Kesehatan Tahun 2035

Sel inilah yang kemudian dilatih di luar tubuh seseorang untuk menjadi sel pemicu imunitas manusia pada penyakit tertentu. Dia juga mengatakan terapi ini aman dan tidak menimbulkan efek samping berat kepada pasien.

“Kita melatihnya (sel dendritic) di candradimuka, bukan ditubuh kita, kita melatihnya untuk menghadapi penyakit yang kita tentukan misalnya Covid-19, kanker atau yang lain dan ini efektif serta aman,” kata dr. Terawan.

Share Article :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *