Diskominfotik – JIP Gelar Pelatihan Jakarta SOLID ke-2 Maksimalkan Fitur Live di MedSos

Sebelumnya, Katadata Insight Center (KIC) bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengadakan survei untuk mengukur tingkat literasi digital di Indonesia. Survei tersebut diikuti oleh 10 ribu responden dari 34 provinsi dan 514 kabupaten/ kota.

Adapun hasil Indeks Literasi Digital Indonesia pada tahun 2022 berada di level 3,54 dari skala skor 0 sampai 5.

Hasil tersebut tentunya menjadi dorongan untuk lebih banyak langkah strategis dan kolaborasi untuk meningkatkan Literasi Digital di Indonesia.

Plt Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) DKI Jakarta Sigit Wijatmoko menjelaskan bahwa literasi digital sendiri terdiri dari empat pilar yang harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Keempat pilar tersebut di antaranya Kecakapan Digital, Budaya Digital, Etika Digital, dan Keamanan Digital.

“Berbekal pemahaman dari keempat pilar literasi digital tersebut, diharapkan warga DKI Jakarta dapat menjadi pribadi yang mumpuni di ranah digital. Terlebih kami dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sudah menyediakan fasilitas JakWifi yang bisa dimanfaatkan warga DKI Jakarta untuk berkegiatan, berkreasi, dan berinovasi di ranah digital. Keberadaan fasilitas JakWifi merupakan bukti komitmen dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk senantiasa mendorong perkembangan dunia digital secara lebih positif dan bermanfaat untuk semua,” jelas Kepala Diskominfotik DKI Jakarta.

Baca Juga :  Group Multivision Plus Berkolaborasi Dengan Metland Cibitung

Share Article :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *