Nono Sampono Jenderal Marinir – Sang Inspirator

nono-sampono-sang-inspirator

Empat kekuatan Superpower Abad Pertengahan yaitu Inggris, Belanda, Spanyol dan Portugis meninggalkan jejak di kawasan ini (Banda) berupa benteng pertahanan dan loji dagang. Pejuang Perintis Kemerdekaan kita seperti Bung Hatta dan Bung Syahrir juga pernah sekian tahun diasingkan di sini. Termasuk pertukaran Pulau Run Banda (Inggris) dengan Manhattan, New York (Belanda).

“Ini adalah pekerjaan besar. Proyek Strategis Nasional adalah Proyek Proyek Pemerintah Pusat yang lokasinya di daerah. Perlu ada koordinasi lintas sektor untuk memastikan infrastruktur dasar seperti kelistrikan, BBM, telekomunikasi dan sarana transportasi tersedia. Proyek-proyek berdimensi dan berstandar internasional memerlukan SDM yang handal, berkarakter dan unggul. Untuk itu, Pemerintah Pusat bersama dengan Pemerintah Daerah serta korporasi yang terlibat harus merancang dan membina SDM setempat baik melalui pendidikan vokasi, politeknik atau keahlian tertentu yang dibutuhkan. Keberadaan Proyek-proyek Pusat di daerah tetap mengutamakan mutu, kualitas dan daya saing. Memang dalam satu dua hal ada afirmasi dan kemudahan. Tetapi sifatnya itu adalah temporer”, begitu dengan gamblang sang Wakil Ketua DPD RI ini menegaskan.

Beliau juga menyinggung sistem ketata negaraan kita yang harus bahu membahu, bergotong royong dan seiring sejalan antar lembaga-lembaga Negara. Taruhlah contoh antara DPR dengan DPD. DPD dan DPR adalah ibarat sepasang sayap rajawali, atau seperti rel kereta api.

Baca Juga :  Danpuspomad Silaturahmi Dengan Yonpomad Memberikan Santunan Kepada Anak Yatim Piatu

Share Article :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *