Pimpinan MPR RI Diminta Segera Lantik Tamsil Linrung, Gugatan Fadel Kalah di Kasasi

Uritanet, Jakarta –

Permohonan Kasasi Pimpinan DPD RI dikabulkan oleh Mahkamah Agung (MA). Dalam putusannya, MA membatalkan putusan PTTUN Jakarta dan PTUN Jakarta mengenai gugatan Fadel Muhammad terhadap SK DPD Nomor 2/DPDRI/I/2022-2023 tentang Penggantian Pimpinan MPR RI dari Unsur DPD RI Tahun 2022-2024.

Seperti diketahui, kasasi bernomor 195K/TUN/2024 yang diputus Ketua Majelis Prof Yulius, dengan Anggota Majelis Lulik Tri Cahyaningrum dan Yosran dalam amarnya menyatakan: Pertama, mengabulkan permohonan Kasasi dan Pemohon Kasasi Pimpinan Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia. Kedua, membatalkan putusan Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Jakarta Nomor 215/B/PT.TUN.JKT, tanggal 14 November 2023, yang menguatkan putusan Pengadilan Tata Usaha Negara Jakarta, Nomor 398/G/PTUN.JKT, tanggal 4 Mei 2023.

Dengan putusan MA tersebut, SK DPD RI yang berisi penggantian Fadel Muhammad sebagai Wakil Ketua MPR RI telah berkekuatan hukum tetap, demikian ditegaskan Ketua Tim Kuasa Hukum DPD RI, Dr Fahmi Bachmid SH MHum.

Fachmi pun meminta agar Pimpinan MPR RI segera menindaklanjuti putusan itu. Tak ada alasan lagi bagi Pimpinan MPR RI untuk menunda pergantian Wakil Ketua MPR RI dari DPD RI dengan alasan menunggu kekuatan hukum tetap dari proses gugatan yang diajukan Fadel.

Baca Juga :  Hetty Law Firm dan Rekan Salurkan Program Berbagi Sesama Menyambut Malam Nisyfu Syaban

Share Article :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *