Hipertensi Banyak Ditemui Pada Lansia di Indonesia, Optimalkan Kesejahteraan Lansia, Tingkatkan Kapasitas Kader Untuk Masa Depan Bangsa Lebih Sehat

Uritanet, Jatijajar Depok – 

Hipertensi merupakan salah satu penyakit tidak menular yang paling umum ditemui pada lansia di Indonesia. Menurut hasil Riset Kesehatan Nasional 2023, penyakit Hipertensi mengalami kenaikan prevalensi terutama pada populasi lansia. Bahkan Hipertensi sebagai salah satu penyakit tidak menular (PTM) yang masih menjadi masalah kesehatan utama di berbagai daerah, termasuk di Kota Depok, Jawa Barat.

Demikian hal tersebut terungkap saat
Departemen Keperawatan Komunitas Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK UI) melaksanakan kegiatan Pengabdian Masyarakat bertemakan “Optimalkan Kesejahteraan Lansia: Peningkatan Kapasitas Kader untuk Masa Depan Bangsa yang Lebih Sehat” di Kelurahan Jatijajar, Depok (29/6), yang dihadiri Dr. Etty Rekawati, S.Kp., MKM, sebagai dosen Departemen Keperawatan Komunitas FIK UI, bersama dengan para mahasiswa Ners Spesialis Keperawatan Komunitas FIK UI. Dimana kegiatan yang dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian dan tanggung jawab sosial Universitas terhadap kesejahteraan masyarakat, khususnya bagi para lansia.

Atas dasar itulah, kegiatan promosi dan preventif perlu dilakukan secara masif, komprehensif dan berkesinambungan tanpa mengabaikan kuratif dan rehabilitatifnya. Dan Kader Kesehatan merupakan garda terdepan di masyarakat. Dimana secara umum, tugas kader kesehatan sebagai support group bagi lansia hipertensi adalah untuk memberikan dukungan dan bantuan yang diperlukan bagi lansia.

Baca Juga :  Plt. Walikota Bekasi Apresiasi Kampung KB Terbaik di Jatibening

Share Article :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *