Remis, Mohammad Ervan Atur Strategi Peluang Dalam JAPFA Chess Festival

JAPFA Chess Festival

Uritanet, Jakarta – Dalam kondisi lelah di babak kelima dalam dwi tarung JAPFA Chess Festival ke 12, pecatur putra Indonesia IM Mohammad Ervan lawan pecatur asal Filipina GM Darwin Laylo memilih bermain remis di langkah ke 17 di Gedung Serba Guna, Senayan Jakarta, Selasa (13/09/2022).

Ervan (2395) yang memegang buah putih melakukan serangan dengan pembukaan Petrov. Tampaknya langkah yang dilakukan sedikit membuat lawan kesulitan. Namun ketika masuk langkah ke 14 Ervan sedikit mengalami kesulitan mendobrak pertahanan Darwin Laylo (2439).

Atas pertimbangan strategi dan tenaga, Ervan memutar pikiran dan mengajak Laylo bermain remis di langkah ke 17. Hal itu yang membuat harus membagi angka setengah-setengah alias remis.

Meski pertandingan babak kelima berjalan remis, namun dalam pengumpulan nilai Ervan tetap unggul atas Laylo dengan skor 3 – 2 vp sehingga memiliki kans besar untuk menundukkan Darwin.

Remis, Mohammad Ervan Atur Strategi Peluang Dalam JAPFA Chess Festival Uritanet.com

“Setelah main 5 babak, tampaknya kondisi badan mulai menurun. Untuk menjaga stamina di pertandingan terakhir atau babak keenam Rabu (14/9/2022), terpaksa saya bermain remis, ” Papar Ervan seusai bertanding.

Dalam pertandingan terakhir sudah jelas Ervan siap bermain optimal untuk meraih kemenangan. Meski hanya membutuhkan setengah point lagi meraih gelar juara, namun dia ingin menutup permainan dengan kemenangan.

Sedangkan untuk Kategori Terbuka JAPFA Chess Festival 2022 , peringkat pertama kini dikuasai FM Arif Abdul Aziz (2319) dengan raihan 7,5 poin kemenangan. Di babak kedelapan, pecatur asal Jabar ini sukses mengandaskan perlawanan MN Eko Supriyono.

Adapun peringkat 10 Besar untuk kategori ini adalah, 1. FM Arif Abdul Aziz (7,5 poin), 2. FM Hamdani Rudin (7), 3. FM Catur Adi Sagita (6,5), 4. Didiet Abriaskoro (6,6), IM Jodi Setyaki (6,5), MN Jajang Nurjaman (6,5), 7. MN Zhaky D Bts 207 (6), 8. MN Agung Afp (6), 9. MN Yoseph Majela (6), dan 10. MN Iswar Ade (6).Catur Japfa, Ervan Tetap Jaga Peluang.

Komentar