oleh

Rekomendasi Arah Perjalanan Bangsa Indonesia

URITANET,- Indonesia lahir karena peran dan dukungan konkret dari kerajaan dan kesultanan Nusantara. Para Raja dan Sultan Nusantara telah memberikan kontribusi nyata, baik material maupun non material, untuk lahirnya Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Pada saat BPUPKI dan PPKI bersidang untuk merumuskan persiapan kemerdekaan Indonesia dan merumuskan ideologi bangsa ini, hampir semua raja dan sultan menyumbangkan pikiran dan gagasan mereka. Dan perumusan ideologi bangsa tentunya juga atas kontribusi para tokoh lainnya, baik dari kalangan pemuka agama, kaum cendekiawan dan kaum pergerakan.
Gagasan dan pemikiran para raja dan tokoh-tokoh itulah kemudian melahirkan ideologi Pancasila dengan nilai-nilai yang terkandung melalui butir-butir dari lima sila di dalamnya. Jadi negara ini jelas dibangun atas dasar sumbangsih pemikiran para pendiri bangsa, yang berpikir luhur dengan nilai-nilai adiluhung dan hati yang bersih, dengan niat dan semangat untuk kebaikan anak cucu di kemudian hari.
Indonesia lahir bukan untuk ambisi kekuasaan dan mempertahankan kekuasaan. Negara ini bukan dibangun oleh Partai Politik. Di mana sekarang Partai Politik justru menjadi sentral penentu kekuasaan. Dan menjelma menjadi satu-satunya saluran bagi calon pemimpin bangsa untuk dapat dipilih oleh rakyat. Untuk itu, semua pihak kembali mengingat pernyataan Proklamator sekaligus Presiden pertama Indonesia, Soekarno.
“Jangan sekali-kali meninggalkan Sejarah” …
Karena sejarah menempatkan kelompok masyarakat madani atau civil society sebagai pendiri bangsa ini. Bukan kelompok politik yang bertujuan memiliki kekuasaan dan mempertahankan kekuasaan tersebut.
Kerajaan dan kesultanan adalah salah satu tonggak dan pilar pendiri bangsa dan negara ini.
DPD RI sebagai Wakil Daerah. Berkomitmen untuk menyuarakan kepentingan daerah dan stakeholder di daerah, termasuk Komunitas Adat, yang diwakili oleh kerajaan dan kesultanan Nusantara, sebagai salah satu pemegang saham republik ini, agar mendapat tempat yang layak dalam proses perjalanan bangsa. Komitmen DPD RI terhadap eksistensi kerajaan dan kesultanan Nusantara.
DPD RI berharap dapat membangun sinergi untuk mengembalikan kejayaan Nusantara di era kerajaan dan kesultanan Nusantara berjaya di masa lalu. Mengembalikan kejayaan Nusantara melalui kegiatan DPD RI mengundang seluruh Raja dan Sultan Nusantara, menginisiasi pertemuan Raja dan Sultan Nusantara dalam sebuah forum di Jakarta, guna memberikan rekomendasi kepada Negara tentang Arah Perjalanan Bangsa.
(**Oleh Ketua DPD RI, LaNyalla Mataliti di Kesultanan Buton, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, 17/6

Baca Juga :  Wakil Walikota Bekasi Didampingi TWUP4 Penuhi Undangan FH.UNKRIS – PemKot Bekasi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Lasted Post