NTT dan NTB Jadi Tuan Rumah PON 2028, Bangkitkan Potensi Daerah

Uritanet, – Rencana Nusa Tenggara Timur (NTT) menjadi tuan rumah PON 2028 bersama Nusa Tenggara Barat (NTB) memiliki dampak yang sangat positif. Banyak potensi daerah yang bisa ikut tergali. Dari potensi atlet hingga dampak ekonomi. Sangat luar biasa manfaatnya. Oleh sebab itu, saya mendukung agar NTT bisa menjadi tuan rumah PON 2028, tegas Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti saat di Ende, Nusa Tenggara Timur, beberapa waktu lalu.

Dampak secara ekonomi pun menjadi sorotan utama LaNyalla. Menurutnya, dampak positif pelaksaan PON secara ekonomi akan lebih dapat dirasakan masyarakat. Jika NTT dan NTB bisa menjadi penyelenggara PON, ekonomi bisa tumbuh positif. Termasuk juga SDM, pengelolaan SDA bahkan perbaikan tata kelola sumber-sumber dan potensi lainya. Namun, pemerintah daerah juga harus memberikan perhatian ekstra, khususnya terhadap peningkatan kualitas infrastruktur, ujarnya.

Senator asal Jawa Timur itu yakin penyelenggaraan PON di Indonesia timur akan memberikan dampak positif terhadap beberapa aspek baik sosial, ekonomi maupun politik. Ia mencontohkan suksesnya pelaksanaan PON Papua.

“Kita telah melihat bagaimana suksesnya penyelenggaraan PON Papua lalu. Tentu kita berharap NTT juga bisa menyelenggarakan PON. Karena, akan memberikan dampak pemerataan pembangunan sehingga memperkecil sekat perbedaan antara daerah Jawa dan luar Jawa,” tuturnya.

Komentar