oleh

‘Musisi Berbagi’ Ajak Masyarakat Berbuat Baik di Bulan Penuh Berkah Dengan ber-Zakat

Uritanet, Jakarta – Para musisi bekerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas). Mereka membentuk program bernama Musisi Berbagi.

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya Baznas untuk semakin menggencarkan kampanye c serta menjaga semangat masyarakat dalam berbuat kebaikan selama bulan Ramadhan.

Ada banyak musisi yang terlibat, yakni Bongky (BIP), Yuke Sampurna (Basis Dewa 19), Irang (Vokalis BIP), Pay Burman (BIP), Cozy (Republik), Najwa Maulida (Sulis Millenial), Congrats, dan Shabil (Vokalis Slag).

Menurut salah satu musisi yang terlibat, Bongky menyambut baik hal ini. Ia ingin menggaungkan solidaritas terhadap sesama, termasuk musisi. Bongky juga tidak memungkiri ada banyak musisi terdampak pandemi dan perlu mendapat bantuan.

'Musisi Berbagi' Ajak Masyarakat Berbuat Baik di Bulan Penuh Berkah Dengan ber-Zakat Uritanet.com

“Musisi itu kan memang membagikan karyanya untuk publik. Jadi kami sudah dekat dengan yang namanya berbagi,” ujar Bongky di sela-sela acara ‘Kongkow Bareng Musisi Berbagi’ yang digelar Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), Kamis (28/4).

Dikatakannya, peran musisi dalam pemdistribusian zakat juga penting karena mendistribusikan zakat butuh juga rasa. Selain itu, dengan terlibatnya musisi, maka publik bisa tergerak untuk berzakat.

“Saya sering menyebut jika saat ini harus dicanangkan Revolusi Berbagi. Berbagi itu harus dipaksakan, jangan cuma diimbau atau didorong saja. Makin banyak yang berbagi, Indonesia akan semakin bahagia,” ujar Bongky.

Dalam kesempatan ini, Wakil Ketua BAZNAS, Mokhamad Mahdum mengatakan, zakat bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk musisi.

“Tidak hanya bagi yang berpeci dan gamis atau yang ibadahnya sudah baik. Tidak ada di dalam Al Quran yang menyebut boleh berzakat kalau sudah shalat,” ujar Mahdum dalam sambutannya.

Mahdum mengatakan, acara ini dikemas dengan santai, bincang santai antara musisi dilanjutkan akustik bareng. Tujuannya selain untuk memberi hiburan kepada masyarakat, juga untuk membantu mengampanyekan kebaikan berzakat di pekan terakhir Ramadhan ini.

“Dengan acara yang ringan dan santai ini, kita ingin mengajak masyarakat berperan dalam keindahan berzakat, salah satunya melalui musik,” kata Mahdum yang juga didampingi pimpinan BAZNAS, Rizaludin Kurniawan ini.

Selain itu, lewat acara ini, BAZNAS juga memfasilitasi masyarakat untuk berdonasi bersama guna membantu kebangkitan mustahik sekaligus memberi hiburan kepada masyarakat secara digital.

‘Kongkow Bareng Musisi Berbagi ini juga ditayangkan langsung di YouTube BAZNAS TV.

“Kami berterima kasih atas partisipasinya, mudah-mudahan industri musik semakin maju, kemudian hak-hak musisi dan komposernya semakin adil, tak terdzalimi. Tiap lagu yang dinyanyikan penyanyi, komposernya dapat hak,” pungkas Mahdum.

Komentar

Lasted Post