oleh

#MasakSetiapBagian Ajak 100 Juta Orang Memakai Cookpad “Rescue” Menuju Perilaku Olah Bahan Pangan Minim limbah

URITANET, – Hari Pangan Sedunia yang diinisiasi Food and Agriculture Organisation (FAO) yang selalu di diperingati setiap 16 Oktober. Kali ini Cookpad mengambil peran aktif melalui inisiatif #MasakSetiapBagian yang tahun ini telah memasuki tahun kedua di Indonesia. Kampanye global #MasakSetiapBagian ini mengajak lebih dari 100 juta orang yang memakai Cookpad setiap bulannya untuk melakukan “rescue” pada sisa bahan pangan yang biasa dibuang. Kemudian mengolahnya kembali menjadi bentuk masakan yang berbeda.

Selain berkontribusi mengurangi limbah makanan, #MasakSetiapBagian membantu rumah tangga untuk menghemat pengeluaran, meningkatkan asupan gizi, sekaligus mendapatkan kreasi hidangan baru yang lezat.

Kampanye #MasakSetiapBagian tahun lalu telah menghasilkan banyak resep masakan sehari-hari yang unik, salah satunya dari pengguna Cookpad di Indonesia yang membagikan resep bakso, steak dan burger dari kulit pisang,” ujar Malou Herkes, Cookpad Global Food Editor. Hal tersebut lantaran banyak dari kita yang tidak tahu kalau ternyata kulit buah juga mengandung antioksidan yang baik untuk tubuh.

Baca Juga :  Kolaborasi Fariz RM, Miskam Fanshuri, Kadri Mohamad dan Maya Stary Berbagi Donasi Untuk Musisi Jalanan dan Tunanetra

Diharapkan, dengan adanya kampanye #MasakSetiapBagian, bersama kita bisa bergerak menuju perilaku mengolah bahan pangan yang lebih minim limbah. Dan menurut FAO, jika limbah makanan diibaratkan sebagai sebuah negara, maka ia merupakan penyumbang emisi gas terbesar ketiga di dunia, lanjutnya lagi.

Kita mungkin belum bisa bermigrasi ke gaya hidup ‘zero-waste’ dalam sekejap, tapi setidaknya melalui modifikasi sederhana dalam cara kita mengolah masakan sehari-hari, kita bisa berdampak nyata mengurangi limbah makanan.

Baca Juga :  Shalat Idul Fitri 1442 Hijriah di Masjid Jami Darul Muhsinin 1 Kalibaru, Berjalan tertib dan lancar

Kampanye #MasakSetiapBagian menurut Resy Febriani, dari Occupational Health Institute, bahwa kita juga harus lebih berhati-hati dalam memilah bahan yang bisa di olah atau tidak.

“Memang banyak bahan makanan yang kulitnya pun bisa di makan, seperti Mandai kulitnya diolah oleh masyarakat Kalimantan. Namun, banyak juga bahan makanan yang ternyata beracun jika tidak di cuci dengan air garam atau air cuka terlebih dahulu,” ungkapnya.

Di perhelatan Hari Pangan Sedunia tahun ini, sekaligus dilakukan peluncuran kembali kampanye #MasakSetiapBagian, Cookpad Indonesia menghadirkan rangkaian acara, antara lain ;

Baca Juga :  Activ Air Cleaner Teknologi ActivePure Mengubah H2O menjadi H2O2

Peri Dapur
Pemberdayaan sejumlah pengguna Cookpad yang tersebar di beberapa kota Indonesia untuk menjadi penyuluh pentingnya #MasakSetiapBagian bagi komunitas mereka.

Media Kick-off
Diskusi bersama rekan-rekan media, menghadirkan sejumlah narasumber dari CEO Cookpad Indonesia Soegianto, Cookpad Global Food Editor Malou Herkes, dan Product Specialist di PT. Prodia Occupational Health Institute International, Brilliantika Resy Febriani untuk berbagi insight mengenai pengujian keamanan bahan pangan yang kita konsumsi.

Posbar #MasakSetiapBagian
Program berbagi resep (posting bareng) akan diadakan mulai tanggal 14 – 24 Oktober 2021 di web dan aplikasi Cookpad.

Webinar #MasakSetiapBagian
Diskusi bersama narasumber yang berasal dari para penulis resep di Cookpad yang memiliki inspirasi dan sudah sering menerapkan konsep memasak semua bagian dalam kegiatan memasaknya sehari-hari.

 

)***Jegegkumbanghitam

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Lasted Post