oleh

KamiSketsa GalNas: “Gestur dan Ruang” Pajang Karya 21 April–26 Mei 2022

Uritanet, – KamiSketsa GalNas “Gestur dan Ruang” Pajang Karya 21 April–26 Mei 2022 di Bilik KamiSketsa GalNas. Dan dikuratori Teguh Margono dan Zamrud Setya Negara. Pajang Karya kali ini bertemakan “Gestur dan Ruang” dengan menampilkan lima belas karya pilihan dari sketsa-sketsa dua penggiat sketsa sekaligus anggota KamiSketsa GalNas, yakni Kedsu (Usdeki) dan Cak Likin (Moch. Solihin). Karya-karya tersebut dikerjakan selama tahun 2022.

Dalam tulisan kuratorial Zamrud dan Teguh, “Gestur dan Ruang” mempertemukan tarikan garis Kedsu yang lugas dan sederhana bersanding dengan sajian pembacaan ruang dan gerak bebas Cak Likin yang sarat dengan keberanian menyapu bidang dan kontras gelap terang pada lembar karyanya.

KamiSketsa GalNas: "Gestur dan Ruang" Pajang Karya 21 April–26 Mei 2022 Uritanet.com

“Ketertarikan Kedsu terhadap figur manusia sebagai objek dan kepiawaiannya menangkap momen menjadi titik tolak yang sangat kuatnya merekam dan mentransfer ke dalam bidang sketsa. Kecenderungan dan ketertarikan terhadap gedung atau bangunan dilengkapi gerak dan aktivitas manusia ditampilkan Cak Likin secara lepas pada karya-karyanya,” ungkap Zamrud.

Pajang Karya KamiSketsa GalNas “Gestur dan Ruang” bukan hanya menjadi pertemuan antara dua ruas sketsa yang diusung oleh dua penggiat sketsa, Kedsu dan Cak Likin. Namun menjadi pula pertemuan dua kecenderungan dan ketertarikan dalam memilah dan merekam objek sebagai bidikan untuk menjadikan karya terbaiknya pada bidang gambar.

KamiSketsa GalNas: "Gestur dan Ruang" Pajang Karya 21 April–26 Mei 2022 Uritanet.com

Kedsu mampu mengusung bagaimana rasa, situasi, dan kondisi objeknya mampu tersampaikan dengan sangat baik melalui teknik dan visualnya. Cak Likin menyajikan karya yang mempresentasikan keleluasaan ruang yang dia pilih. Kecenderungan dan ketertarikan terhadap gedung atau bangunan dilengkapi gerak dan aktivitas manusia yang secara lepas ia tampilkan pada karya-karyanya.

Mengemas dan menyandingkan dua penggiat sketsa ini sekaligus menjadi salah satu penguat  dan pengingat bahwa aktivitas dan ruang sketsa juga berfungsi sebagai ruang mediasi bagi para penggiatnya untuk saling men-support sekaligus melengkapi proses kreatif dan mencipta karya-karya terbaik.

“Gestur dan Ruang menjadi tajuk Pajang Karya KamiSketsa GalNas putaran kedua, sebagai kelanjutan putaran pertama yang mendapatkan respons positif, baik dari para penggiat sketsa maupun masyarakat umum,” kata Kepala Galeri Nasional Indonesia, Pustanto.

Pajang Karya KamiSketsa GalNas “Gestur dan Ruang” selain memamerkan karya-karya sketsa Kedsu dan Cak Likin, juga dilengkapi dengan program publik berupa Workshop “Merekam Gestur” pada 19 Mei 2022, pukul 10.00 WIB. Untuk mengikuti workshop ini, para peserta dapat melakukan registrasi terlebih dulu melalui tautan https://linktr.ee/galnas.

)**Nawasanga/HumasGNI

Komentar

Lasted Post