Jery Borneo Putra Abdul Rasyid Dianugerahi ‘Sri Paduka Putra Prawiranatha’ Kerajaan Buleleng, Singaraja, Bali

URITANET, – Indonesia negara yang besar dengan warisan budaya yang sangat kaya, sekaligus merupakan Negara dengan jumlah Kerajaan dan Kesultanan yang terbanyak didunia. Tercatat lebih dari 100 Kerajaan/Kesultanan ada di Bumi Nusantara ini.

Bertempat di Istana Puri Agung Kerajaan Buleleng Singaraja, Bali (10/4) telah dilakukan perhelatan Award Ceremony & Book Launching “The Book of Puri Singaraja”. Dan sekaligus memberikan penghargaan tertinggi “Sri Paduka Putra Prawiranatha” kepada Jery Borneo Putra Abdul Rasyid, selaku stakeholder PT. Sawit Sumbermas Sarana (SSMS).

Penghargaan Gelar tersebut diberikan bagi individu yang dinilai telah berjasa besar dalam kegiatan bela negara. Dan Jery Borneo Putra Abful Rasyid merupakan pengusaha muda berprestasi dan pemilik Perusahaan Kelapa Sawit, PT. Sawit Sumbermas Sarana, Tbk yang telah berhasil membangun kesadaran lingkungan yang tinggi untuk pencapaian utama perusahaannya.

Capaian perusahaan yang di pimpin Jery Borneo yang juga putra dan generasi penerus pengusaha Nasional H. Abdul Rasyid ini, berhasil dan terus berkomitmen untuk menjalankan perusahaanya tanpa limbah (zero waste) dengan sistem penanggulangan sampah yang disempurnakan, serta sepenuhnya menentang pembakaran hutan untuk tujuan apapun.

Baca juga : Cari Tempat Bulan Madu? Wisata Kota Batu Malang Cocok untuk Destinasi Bulan Madu

PT. Sawit Sumbermas Sarana, Tbk sudah bersertifikasi 80% RSPO (Roundtable on Sustainable Palm Oil), dan terus berjuang dalam mencapai sertifikasi 100% di tahun 2021 ini.

Penghargaan juga diberikan atas inisiatif Jery Borneo Putra Abdul Rasyid dalam pembuatan dan pendanaan program perusahaannya, yaitu Pelestarian Orangutan di Pulau Salat, Kalimantan Tengah. Sebuah pulau yang didedikasikan sebagai Pulau Pra-Pelepasliaran dan Suaka Orangutan (Pre-release Island and Orangutan Sanctuary) dengan luas melebihi 2.000 hektare dan dapat menampung hingga 800 Individu Orangutan.

Atas penghargaan tersebut, Jery Borneo Putra Abdul Rasyid berharap gelar ini dapat memberikan contoh yang baik dan tentunya mengedukasi masyarakat dunia bahwa bisnis kelapa sawit bisa Sustainable, Ramah Lingkungan dan Membangkitkan Ekonomi Bangsa terutama bagi rakyat kecil.

Disamping Jery Borneo Putra Abdul Rasyid, sang istri tercinta dr. Natasha Vinski juga dianugerahi “Indonesia Inspiring Women Award 2021”. Sebuah penghargaan khusus yang diberikan kepada dr. Natasha Vinski dinilai sebagai Perempuan Indonesia yang telah mengabdikan hidupnya melalui kegiatan Filantropi untuk bangsa melalui Pelayanan Kesehatan dan Pendidikan di seluruh Indonesia, serta Pelestarian Orangutan di Kalimantan Tengah melalui perannya sebagai “Duta Rehabilitasi dan Pra Pelepasliaran Orangutan Pulau Salat”.

Ibunda dari putri cantik Valerie Vinski Borneo ini, sekaligus juga merupakan Chief Executive Officer dari Vinski Tower, Founder Aero Queen Pte Ltd international Aircraft Trading Company (Singapore), Founder and CEO of SKYTE Luxury Aircraft Rental Jakarta, Indonesia, Co-founder Celltech Stem Cell Centre. dr. Natasha Vinski sendiri merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Indonesia, dan kemudian melanjutkan ke MBA Scholarship di International University of Monaco.

Baca juga : Dukung Pengembangan Kampung Bali di Bekasi Utara

Dalam kesempatan yang sama pula, penghargaan diberikan kepada “Sri Ratu Nilasari Saraswati” Prof. Dr. Deby Susanti Pada Vinski, MScAA, PhD. dari Kerajaan Buleleng Singaraja Bali; yang merupakan ibu kandung dari dr. Natasha Vinski, atau ibu mertua dari Jery Borneo Putra Abdul Rasyid.

Jadi dengan demikian penganugerahan ini merupakan kali ketiga Prof. Deby menerimanya dari Kerajaan Buleleng, Singaraja, Bali. Gelar yang disandang Prof. Deby ini merupakan gelar tertinggi lantaran  Prof. Deby dianggap berjasa dan berdidikasi tinggi serta mulia baik secara moril dan materil dalam Pelestarian Seni Budaya Keraton Nusantara dan Wisata Kesehatan Stem Cell / Medical Tourism.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Raja Buleleng Anak Agung Ngurah Ugrasena di Istana Puri Agung Kerajaan Buleleng Singaraja, Bali. Dan prosesi penyematan penghargaan disimbolkan dengan pemberian selempang dan pin kebesaran Kerajaan Buleleng serta sertifikat.

penulis : Hendrikus BS

 

Komentar