Jejak ‘Langkah’ Grim Reaper’s Steve Grimmett (19 Agustus 1959 – 15 Agustus 2022)

Uritanet, – Dilahirkan, 19 Agustus 1959 di Swindon, Inggris. Grimmett wafat pada 15 Agustus 2022, di usianya ke- 62 tahun. Band aslinya adalah Medusa yang berumur pendek, sebelum ia dikenal sebagai vokalis utama untuk Grim Reaper. Grimmett kemudian tampil di Onslaught, sebelum membentuk Lionsheart dan di akhir masa hidupnya The Steve Grimmett Band dan GrimmStine.

Grim Reaper meraih sukses besar di seluruh dunia dengan tiga album studio yang sangat terkenal bersama dengan singlenya dan pemutaran MTV. Setelah Grim Reaper berganti nama sebentar dengan Onslaught, dengan single perdana yang masuk chart di Inggris.

The Steve Grimmett Band adalah proyek yang lebih baru, dengan Grimmett yang didukung Ian Nash, Chaz Grimaldi dan Pete Newdeck. Band ini terus tampil sebagai Steve Grimmett’s Grim Reaper dengan lineup yang sekarang menampilkan Mark Rumble pada drum.

Sejak 2006, Steve Grimmett’s Grim Reaper telah membuat beberapa penampilan yang sukses di berbagai festival di seluruh Eropa, termasuk Keep It True, British Steel, Muskelrock, dan Sword brothers. Barisan band ini juga merekam album solonya Personal Crisis pada tahun 2007.

Begitu pula ketika Grimmett baru saja kembali dari Amerika mempromosikan band internasionalnya GrimmStine yang menampilkan Grimmett pada vokal, Steve Stine pada gitar, Hat pada bass dan Dave Johnson pada drum. Album debut self-titled mereka pun rilis pada tahun 2008. Selain Grimmett merekam sebuah video musik bersama dengan iklan untuk Garmin yang ditayangkan selama 2007 Super Bowl XLI.

Pada tahun 2011, Steve Grimmett dan anggota band mantan Onslaught lainnya, meluncurkan proyek baru yang diberi nama the Sanity Days. Mereka bermaksud untuk bersama-sama untuk jangka waktu terbatas memainkan lagu-lagu dari album Onslaught yang paling sukses secara komersial, In Search Of Sanity, di festival-festival terkenal.

Lalu di November 2011, bertepatan dengan pertunjukan mereka di Yunani dan Siprus, band ini mengeluarkan EP live edisi terbatas Live in Europe yang menampilkan lagu Reaper klasik. Band ini tampil sebagai penampil utama dari festival Bristish Steel di London pada bulan Juni.

7 Desember 2012, Sanity Days tampil di sebuah konser untuk meluncurkan International Day of Heavy Metal. The Sanity Days adalah band penampil utama, dengan Severenth dan Twisted State of Mind sebagai pendukung. Band ini memainkan festival di tahun 2013, termasuk pertunjukan di Dubai, Jepang dan Amerika Selatan.

Pada bulan Agustus dan September 2013, Grimmett memproduksi dan merekam band grunge-metal Inggris Burnthru untuk album kedua mereka, Faithless. Dan salah satu penampil utama dari festival Heavy Sound Belgia pada November 2013.

Pada 24 Maret 2015, Sanity Days merilis album dengan semua materi baru yang diberi judul Evil Beyond Belief.

Dengan inkarnasi Grim Reaper saat ini, album utuh Walking in the Shadows dirilis pada 23 September 2016 . Grimmett mirip dalam penampilan dengan politisi Yunani Evangelos Venizelos, dan sebagai hasilnya, Grim Reaper sangat populer di Yunani.

Januari 2017, Grimmett dirawat di rumah sakit di Ekuador karena infeksi agresif di kaki kanannya di bawah lutut, dimana kemudian kakinya iamputasi dalam prosesnya. Dia ditempatkan di fasilitas medis sampai dibebaskan pada bulan Februari. Lalu di bulan April, ia mulai berjalan lagi dengan kaki logam prostetik terpasang. Pada tanggal 14 Juli, Grimmett tampil di panggung untuk pertama kalinya sejak operasinya di kursi roda di Bang Your Head !!!.

Komentar