Heavy 36th Anniversary Queen’s “Who Wants to Live Forever”

Uritanet, – Queen merilis single mereka “Who Wants to Live Forever” pada 15 September 1986. Ini adalah lagu keenam di album A Kind of Magic, yang dirilis pada bulan Juni 1986, dan ditulis oleh Brian May untuk soundtrack film Highlander. Lagu ini mencapai posisi 24 di tangga lagu Inggris.

Lagu ini digunakan untuk membingkai adegan dalam film di mana Connor MacLeod harus mempertahankan istri tercintanya Heather MacLeod yang semakin tua dan sekarat sementara dia, sebagai Immortal, tetap selamanya muda. (Lagu ini kemudian digunakan dalam episode “The Gathering”, “Revenge is Sweet”, “The Hunters”, “Line of Fire”, dan “Leader of the Pack” dari serial televisi Highlander).

Brian May menulis lagu di kursi belakang mobilnya setelah melihat potongan 20 menit pertama dari adegan kematian Heather.

Heavy 36th Anniversary Queen’s “Who Wants to Live Forever” Uritanet.com

Dalam film, Freddie Mercury menyediakan semua vokal utama, sementara May menyanyikan vokal utama pada bait pertama pada versi album, sebelum Mercury akhirnya mengambil alih untuk sebagian besar sisa lagu, dengan nyanyian May “But touch my tears with your lips” selama bait milik Mercury dan kemudian baris terakhir dari lagu,”Who waits forever anyway?”. Versi instrumental dari lagu, berjudul “Forever”, dimasukkan sebagai lagu bonus pada versi CD dari album. Instrumental ini hanya menampilkan piano, dengan keyboard pengiring selama bagian chorus. Trek piano direkam sendiri pada bulan Mei. Queen didukung oleh orkestra, dengan orkestrasi oleh co-komposer dari skor film, Michael Kamen. Sejak dirilis, lagu ini telah dibawakan ulang oleh sejumlah artis.

Video lagu ini disutradarai oleh David Mallet dan difilmkan di sebuah gudang (sekarang dibongkar) di Tobacco Wharf di London’s East End pada bulan September 1986. Ini menampilkan National Philharmonic Orchestra dengan empat puluh choirboys dan ratusan lilin yang tetap menyala sepanjang syuting serta Mercury mengenakan setelan tuksedo. Video ini juga menampilkan gitar bass John Deacon yang memainkan bass double putih, meskipun tidak melakukan rekaman aslinya.

Sebuah versi alternatif dengan klip dari film Highlander (dimana lagu itu muncul) muncul di video single dengan “A Kind of Magic” pada bulan Oktober 1986 dan kemudian sebagai video musik tersembunyi di Queen Greatest Video Hits II DVD pada November 2003.

Personil

• Freddie Mercury – lead and backing vocals
• Brian May – lead and backing vocals, synthesiser, electric guitar, orchestral arrangements
• Roger Taylor – drum machine, backing vocals
• Michael Kamen – orchestral arrangements, conductor
• National Philharmonic Orchestra – strings, brass and percussion

Dalam jajak pendapat tahun 2005 yang dilakukan oleh stasiun televisi digital Music Choice tentang lagu apa yang paling disukai oleh warga Inggris di pemakaman mereka, lagu ini terpilih sebagai lagu kelima yang paling populer.

Band asal Jerman Dune merilis cover mereka mereka “Who Wants to Live Forever”, dari album mereka, Forever, sebagai single pada Oktober 1996.

Versi Dune dari “Who Wants to Live Forever” terjual lebih dari 500.000 eksemplar di Jerman. Single ini mencapai No. 3 di tangga lagu single Austria, No. 9 di Chart Swiss, No. 12 di Charts Belanda dan No. 59 di tangga lagu Swedia. Ini dinominasikan ke Echo Awards 1997 untuk single dance nasional yang paling sukses.

Video musik “Who Wants to Live Forever” disutradarai oleh Matt Broadley. Video ini disyuting di Dataran Tinggi Skotlandia.

Soprano Sarah Brightman merilis cover-nya “Who Wants to Live Forever”, dari albumnya Timeless/Time to Say Goodbye, sebagai single pada tahun 1997. Single ini mencapai posisi 45 di chart single UK.

Penyanyi Polandia Edyta Górniak merilis cover lagu pada tahun 2003 yang berjudul “Nieśmiertelni” (Immortals). Dia merekam cover dengan lirik Polandia untuk album kompilasi cover RMF FM – Moja i Twoja muzyka oleh stasiun radio Polandia RMF FM. Itu dirilis sebagai single promo radio oleh Pomaton EMI. Gambar di sampul diambil oleh fotografer Robert Wolański.

 

)**

Komentar