Ganjar – Anies Merajut Kembali ‘Tenun Kebangsaan’

Uritanet, – Elekbilitas Anies Baswedan bersama Ganjar Pranowo sebagai Calon Pemimpin bangsa Indonesia kini masuk dalam radar tiga besar Calon Presiden Indonesia 2024, disamping nama – nama lainnya seperti Prabowo Subianto, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dan juga Ketua DPR RI Puan Maharani Putri Megawati Soekarnoputri.

Anies Baswedan yang pada 2014 menjadi bagian terdalam Tim Pemenangan Jokowi saat pertama kali mengalahkan Prabowo, dimana Prabowo dalam perjalanannya beralih haluan masuk kedalam Kabinet Jokowi II selaku Menteri Pertahanan.

Disisi lain, dua politikus senior yang juga pengusaha Surya Paloh dan Yusuf Kalla, menjadi penyokong Anies untuk mendapatkan legitimasi dalam mengkampanyekan ‘Tenun Kebangsaan’ , yang dahulu sempat ditanggalkan Anies pada Pemilihan Gubernur DKI Jakarta.

Surya Paloh Ketua Umum Nasdem serta Yusuf Kalla, mantan Wakil Presiden di era SBY dan Jokowi, berusaha menyediakan tiket pencalonan lewat Koalisi Partai dengan 20 persen kursi DPR RI atau 25 persen suara Pemilu 2019. Mereka mendekati partai – partai nasionalis untuk mengimbangi partai berbasis massa Islam yang kemungkinan masuk ke gerbong ini.

Dan konstelasi makin terbuka dengan menghitung faktor Jokowi bersama basis Relawan Jokowi-nya yang akan berperan dalam menentukan penggantinya, dimana besar kemungkinan adalah Ganjar Pranowo. Dan irisan basis pendukungnya membuat Jokowi mungkin mendukung Ganjar Pranowo, dan pada saat yang sama, ada kemungkinan Jokowi menaruh harapannya pada Anies Baswedan.

)***

 

Komentar