oleh

Daun Ketapang Kering Punya Nilai Jual Diminati Pasar Luar Negeri (Jerman)

Uritanet, – Tanaman ketapang sering dijumpai di berbagai tempat di Indonesia. Daun ketapang yang kering kemudian berjatuhan sering dianggap barang tak berguna oleh kebanyakan orang. Namun, siapa sangka daun ketapang kering ternyata punya nilai jual yang dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah bahkan bisa diekspor sampai ke luar negeri (Jerman).

Sebanyak satu kilogram daun ketapang dilaporkan oleh PT. BA yang merupakan salah satu eksportir asal Sampit. Sebelum diekspor ke Jerman, daun ketapang kering terlebih dahulu diperiksa pejabat karantina. Setelah dinyatakan jenis dan jumlah sesuai dengan permohonan serta tidak ditemukan organisme pengganggu tumbuhan karantina (OPTK), maka dapat diterbitkan sertifikat karantina.

Eksportir mengaku bahwa ia mencoba peruntungan dengan menjual daun ketapang kering. Tak disangka, ternyata usahanya ini diminati Jerman. Daun yang dikirim dalam keadaan masih utuh dan sudah dikeringkan sesuai permintaan negara tujuan,” ujar Reni, salah seorang pegawai PT.BA.

“Daun ketapang kering ini biasanya untuk penjernih air dan anti bakteri pada kegiatan pemeliharaan ikan. Walaupun dalam kondisi kering, daun ketapang memiliki potensi menyebarkan penyakit tumbuhan. Oleh karena itu, tetap dilakukan pemeriksaan karantina,” kata Mursidi, pejabat Karantina Pertanian Palangkaraya yang melakukan pemeriksaan.

 

Komentar

Lasted Post