oleh

Cinta Suci Duru Balewula dan Wulangkinokooti Jadi Keindahan Tumburano

URITANET,- 

Cinta suci sepasang muda mudi bernama Duru Balewula dan kekasihnya Wulangkinokooti yang tidak mendapatkan restu oleh kedua orang tua mereka. Kemudian memutuskan untuk selamanya bersama dengan mengakhirinya di air terjun ini. Dan kini menjadi destinasi pesona alam Indonesia yang menarik untuk dikunjungi.

Keindahan air terjun Tumburano di Desa Tambaone, Kecamatan Wawonii Utara, Kabupaten Konawe Kepulauan. Justru menyimpan kisah asmara yang menjadi cerita masyarakat setempat, turun-temurun sejak zaman nenek moyang yang tersampaikan hingga saat ini. Air terjun yang memiliki tiga tingkatan itu, konon menjadi saksi cinta suci sepasang muda mudi, Duru Balewula dan Wulangkinokooti.

Air terjun yang memiliki tiga undakan dengan ketinggian yang beragam. Undakan pertama tingginya 10 meter, kedua 15 meter, dan undakan ketiga memiliki tinggi mencapai 70 meter. Menambah pesona untuk dijadikan objek foto yang tidak akan terlupakan.

Terletak di Desa Lansilowo, Kecamatan Wawonii Utara, Air Terjun Tumburano menjadi alternative selain pantai bagi wisatawan atau sedang berkunjung ke Wawonii untuk bermain air sambil menikmati alam yang asri dan udara yang sejuk.

Bagi yang suka berpetualang dan menyukai olahraga canyoning, air terjun Tamburano merupakan salah satu tempat yang bisa menjadi pilihan yang menarik. Lokasi air terjun dapat ditempuh dengan menggunakan mobil dan waktu tempuh perjalanan sekitar 1-2 jam dari Langara ibu kota Kabupaten Konkep. Jangan khawatir tersesat, hampir semua warga di sana tahu bila ada pendatang yang menanyakan keberadaan air terjun Tumburano tersebut.

(**jegegkumbanghitam

 

Komentar

Lasted Post