Jangan Lupa Lho … Singgah Di Air Terjun Agal Desa Wisata Marente

Uritanet, –  Hiii … Uritanerss … jika ke Pulau Sumbawa jangan lupa untuk singgah di Air Terjun Agal yang berada di Desa Marente, Kecamatan Alas, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB). Pasalnya air terjun sepuluh tingkat ini berada di tengah hutan lhoo … yang di dalamnya menjulang tinggi pepohonan serta bebatuan besar yang menambah keasrian lokasinya.

Jangan Lupa Lho ... Singgah Di Air Terjun Agal Desa Wisata Marente Uritanet.com

Nah … dari Kabupaten Sumbawa, tempat ini cuma berjarak 48 kilometer atau sekitar dua jam perjalanan. Dan sesampainya di gerbang Desa Wisata Marente kita akan disuguhi keindahan lukisan alam khas pedesaan berupa hamparan padi, sungai, dan perbukitan kecil.

Setelah memarkirkan kendaraan, yukkk … kita bersiap untuk menuju air terjun. Persiapkan bekal kalian seperlunya, karena kita akan menyusuri hutan menanjak selama satu setengah jam perjalanan. Menyeberangi Sungai Tiu Kele, sungai yang cukup lebar dengan beriak-riak dari bebatuan. Sungai ini dikelola Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Marente sebagai wahana “river tubing”.

Perjalanan pun dilanjutkan menapaki jalan setapak di antara aliran sungai dan hutan. Sesampainya di air terjun, pemandangan menakjubkan akan memanjakan mata Uriteners … loh, dengan hamparan hutan hujan tropis dan nyanyian khas faunanya. Terbayar sudah capeknya perjalanan dengan keindahan lukisan alam bak secuil surga di tanah Samawa.

Air terjun Agal ketinggianya mencapai 250 meter dan memiliki 10 tingkatan, di mana tujuh tingkatan kecil dengan ketinggian 3-7 meter. Sedangkan tiga tingkatan lagi, ketinggianya lebih dari 10 meter. Untuk menuju lokasi ini dikenakan tiket Rp 150 ribu per grup, maksimal lima orang dengan didampingi seorang pemandu.

Nah untuk melepaskan penatmu yukk … berwisata ke air terjun bisa menjadi salah satu solusinya.

)**Oleh-oleh KarantinaPertanianSumbawa

Komentar