Kodam III/Siliwangi Siapkan 100 Prajurit TNI ke Papua Untuk Satgas Gakkum Oprasi Damai Cartenz

Share Article :

Komando Daerah Militer (Kodam) III Siliwangi sedang mempersiapkan 100 anggota TNI untuk dikirim ke Papua dalam Satgas Penegakan Hukum (Gakkum) Operasi Damai Cartenz. 100 anggota TNI ini siap diberangkatkan ke Kerom dan Mimika,Papua.

 

100 anggota TNI itu telah selesai menjalani latihan di Kecamatan Cikelet, Garut. Pelatihan yang dipimpin langsung oleh Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo dan Wakil Komandan Danrindam III Siliwangi Kolonel Inf Lukman Hakim telah berakhir.

Baca Juga :  Wamen PUPR RI Tinjau Jembatan Sahayu dan Lokasi Pasca Konflik di Elelim

Upacara penutupan Latihan Pratugas Satgas Gakkum Operasi Damai Cartenz Papua bertempat di Gedung Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Desa Pamalayan,Kecamatan Cikelat,Kabupaten Garut,Jabar,pada Senin (28/02/2022).

Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Danrindam Siliwangi mengatakan,dalam penugasan di Papua nanti,masalah yang dihadapi tidak jauh berbeda dengan kondisi latihan yang telah dijalani. “Karena itu,perlu improvisasi dan kreasi tinggi mengingat kondisi yang dihadapi di lapangan akan sedikit berbeda dengan latihan,terutama berkaitan dengan kondisi alam,suku, rasa,adat istiadat,dan budaya,serta agama,”kata Danrindam Siliwangi.

Baca Juga :  TNI AD Terjunkan 200 Personil Dalam Latma Wira Jaya Ausindo TA 2021 Dengan Australian Army

Pangdam Siliwangi mengatakan,tidak mau mengorbankan prajurit. Tentara harus menang,bawa senjata,dan bisa menembak. Jangan terlalu khawatir dengan kebijakan hukum yang ketat karena dapat menurunkan semangat tempur prajurit. “Jangan takut! Pilihanmu adalah lebih baik disidang daripada kamu yang mati. Yang tahu situasi adalah kalian bukan kami yang di belakang. Tapi,kami yakin,kamu yang memenangkan pertempuran,”kata Pangdam Siliwangi,Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo dalam amanatnya yang dibacakan oleh Danrindam Siliwangi.
(Git/rilis)

Share Article :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *